Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Dasar Kompetensi Jurusan
Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Dasar Kompetensi Jurusan.
Kepatuhan siswa terhadap peraturan-peraturan
atau disiplin sekolah dan juga norma-norma yang berlaku di sekolah akan
mencerminkan bahwa siswa tersebut adalah seseorang yang berdisiplin. Artinya
setiap siswa yang memeliki disiplin akhirnya akan selalu mendapatkan apa yang
dicita-citakannya dengan baik, karena ciri dari siswa yang berdisiplin adalah
selalu mau mendengarkan dan menerima arahan-arahan yang diberkan oleh gurunya
baik berupa bimbingan dan juga pemberian tugas-tugas sekolah. Dengan kata lain
setiap siswa yang memiliki sikap positif terhadap disiplin sekolah diduga akan
memiliki prestasi yang lebih baik dalam mata pelajaran dasar kompetensi jurusan.
Seorang siswa yang selalu berusaha
menata dirinya agar terbiasa hidup tertib, teratur menaati peraturan dan norma
yang berlaku disekolah pada umumnya adalah siswa yang cenderung memiliki
prestasi yang baik terlebih jika ditambah dengan kegigihan dan kerja keras
dalam belajar.
Kondisi lingkungan sekolah juga dapat
mempengaruhi kondisi belajar siswa yaitu dengan adanya guru dalam jumlah yang
cukup memadai sesuai dengan jumlah bidang studi yang ditentukan, peralatan yang cukup lengkap, media ajar yang relevan, gedung
sekolah yang memenuhi persyaratan bagi berlangsungnya proses belajar mengajar
yang baik. Mesron (dalam Tu’u2004:80) menyatakan bahwa “siswa yang belajar
disekolah dengan fasilitas yang memadai tetapi mempunyai disiplin yang baik
sering kali berprestasi dari pada siswa yang belajar dengan fasilitas serba
lengkap tetapi mempunyai disiplin yang rendah”. Dasar Kompetnsi Jurusan adalah
salah satu yang memerlukan keaktifan, ketelitian, dan keteraturan dari siswa
memerlukan perilaku disiplin yang tinggi dalam mempelajarinya, jika disiplin
sudah dapat diterapkan dengan benar maka akan menghasilkan hasil belajar Dasar Kompetensi
Jurusan yang baik pula. Disamping itu menurut Nitisesmito (1982:234) menyatakan
bahwa tingkat kedisiplinan mempunyai pengaruh terhadap hasil yang dicapai
seseorang.
Menurut Wardiman dalam (Tu’u 2004:15)
bahwa ciri individu yang unggul antara lain:
1.
Memotivasi berfikir dan
berkarya yang berorientasi pada prestasi
unggul
2.
Memotivasi dalam mengembangkan
bakat dan potensi dirinya untuk mencapai keunggulan
3.
Daya saing sekaligus daya kerja
sama yang tinggi, daya nalar yang tinggi serta matang dan berkesinambungan.
4.
Kemampuan untuk berprakarsa,
kemampuan untuk memperhitungkan resiko, sikap pencapaian prestasi dalam rangka
persaingan.
Keunggulan tersebut baru dapat
dimiliki apabila dalam diri seorang siswa terdapat sikap dan perilaku disiplin,
jadi disiplin belajar adalah salah satu faktor dominan yang mempengaruhi
prestasi siswa dan menjadikan siswa memiliki keunggulan-keunggulan, siswa yang
sudah memiliki disiplin dalam dirinya akan:
1.
Hadir tepat waktu disekolah dan
sudah berada ditempat duduk sebelum guru masuk kelas
2.
Kepatuhan/ketaatan
3.
Bertanggung jawab terhadap
tugas yang diberikan guru.
Berdasarkan uraian diatas, bahwa disiplin belajar memang berhubungan
terhadap hasil belajar siswa. Hal ini sesuai dengan pengamatan peneliti, bahwa
siswa yang memiliki disiplin belajar yang tinggi memiliki hasil belajar yang
tinggi dan begitu sebaliknya. Ada beberapa siswa yang memiliki hasil belajar
yang tinggi tetapi nilai yang rendah, mungkin disebabkan oleh faktor lai.
Belum ada Komentar untuk "Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Dasar Kompetensi Jurusan"
Posting Komentar