contoh RPP PKK/ PKWU 1 kelas XI SMK


 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah            :
Mata Pelajaran           : Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Kompetensi keahlian : Teknik Otomotif
Kelas / Semester         : XI / Ganjil
Tahun Pelajaran         : 2018 / 2019
Alokasi Waktu            : 28 x 45 JP  (4x pertemuan)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)

3.     Pengetahuan

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasiona


4.     Keterampilan

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)

3.5   Menganalisis proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa
4.5 Membuat alur dan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)

                       1.          Indikator KD pada KI Pengetahuan

  1. Memahami Tahapan – tahapan Pembuatan prototype produk barang/jasa
  2. Mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan prototype
  3. Menentukan Proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa
  4.  Menganalisis proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa

2.     Indikator KD pada KI Keterampilan

               1. Membuat alur dan proses  kerja pembuatan  prototype produk barang/jasa

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Melalui pengamatan gambar peserta didik mampu : MEMAHAMI proses kerjapembuatan prototype produk barang/jasa
2.     Melalui pengamatan gambar peserta didik mampu : mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan prototype
3.     Melalui diskusi dan telaah teks peserta didik mampu : Mengumpulkan data tentang proses kerja pembuatan prototype produk barang dan jasa
4.     Melalui diskusi dan telaah teks peserta didik mampu : Mengolah data tentang proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa
5.     Melalui pengamatan gambar peserta didik mampu : Menyajikan tentang proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa

E.      MATERI PEMBELAJARAN

Tahapan-Tahapan Pembuatan Prototype

F.      PENDEKATAN, STRATEGI, DAN METODE

1.      Pendekatan berfikir                     : Scientific
2.      Strategi Pembelajaran                : Discovery learning
  Production Based Learning
3.      Metode Pembelajaran                : Ceramah, diskusi dan tanya jawab

G.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Waktu
Pendahuluan
Orientasi
1.     Guru menyampaikan salam dan selanjutnya  peserta didik menjawab
2.     Guru meminta ketua kelas untuk memimpin do’a sebelum memulai pelajaran (menumbuhkan karakter religius)
3.     Guru mengkondisikan kelas dan pembiasaan (menumbuhkan karakter disiplin)
4.     Peserta didik membaca AlQur’an (dua orang peserta didik membaca AlQur’an)
5.     Guru mengecek kehadiran peserta didik

Apersepsi
1.      Apa itu prototype ?
2.     Pernahkah kamu membuat sebuah karya?
3.     Bagaimana awal pembuatan karya itu?

Memberi Motivasi
1.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan
2.     Guru menyampaikan rancangan penilaian
20 menit
Inti
Pemberian rangsangan
1.     Guru membagi peserta didik dalam kelompok kecil masing-masing beranggotakan 4 peserta didik.
2.     Guru mengatur posisi tempat duduk setiap kelompok.
3.     Guru mengingatkan peserta didik pada tata tertib dan etika yang sudah disepakati. (Menumbuhkan karakter disiplin)
4.     Guru menampilkan tayangan sebuah karya yang mudah dan simpel sebagai pemancing siswa
5.     Guru meminta peserta didik  mengamati tayangan gambar karya sederhana  dan mencatat hasil pengamatannya dalam Lembar Kerja Kelompok.(Menumbuhkan karakter teliti)
6.     Guru berkeliling memastikan semua kelompok telah menyelesaikan pengamatannya.
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan pengertian prototype (menumbuhkan rasa ingin tahu)

Identifikasi Masalah
1.     Guru mempersilahkan peserta didik untuk mencermati  ditayangkan (menumbuhkan karakter teliti)
2.     Peserta didik berdiskusi membahas terkait hasil pengamatan dan merumuskan pertanyaan-pertanyaan untuk menentukan pengertian dan tujuan pembuatan prototype
3.     Guru meminta peserta didik berdiskusi dalam kelompok selanjutnya dan merumuskan pertanyaan-pertanyaan untuk menentukan prototype tersebut
4.     Peserta didik berdiskusi berdasarkan hasil pengamatan dan merumuskan pertanyaan-pertanyaan. (Menumbuhkan karakter kolaboratif)
Mengumpulkan data tentang produk kreatif disekitar kita untuk menumbuhkan kegemaran membaca.

Pengumpulan Data
1.    Guru menyarankan peserta didik dalam kelompok membaca buku sumber dan sumber lain yang relevan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait pengertian dan tujuan pembuatan prototype dalam Produk kreatif. (Penguatan Literasi)
2.    Peserta didik membaca buku sumber dan atau sumber lain yang relevan dan merumuskan jawaban pertanyaan-pertanyaan.
3.    Peserta didik mendiskusikan hasil penggalian informasi dan menuliskan jawaban pertanyaan dalam lembar kerja. (Menumbuhkan karakter kreatif)
4.    Guru meminta peserta didik dalam kelompok membaca buku sumber dan sumber lain yang relefan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait bentuk produksi kreatif kewirausahaan.(Penguatan Literasi)
5.    Peserta didik membaca buku sumber dan atau sumber lain yang relefan dan merumuskan jawaban pertanyaan-pertanyaan.(Menumbuhkan karakter kreatif)
6.    Peserta didik mendiskusikan hasil penggalian informasi dan menuliskan jawaban pertanyaan dalam lembar kerja. (Menumbuhkan karakter kolaboratif)
Mengolah data tentang masalah kontekstual yang berkaitan dengan prototype dalam produk kreatif kewirausahaan, untuk menumbuhkan ketelitian dan cermat.
Pembuktian
1.    Guru meminta peserta didik dalam kelompok memdiskusikan dan mengolah informasi yang telah didapat.(Menumbuhkan karakter kolaboratif)
2.    Peserta didik dalam kelompok memdiskusikan, menyepakati dan menuliskan jawaban pertanyaan dalam lembar kerja (Menumbuhkan karakter kreatif - kolaboratif)
Mengomunikasikan tentang fungsi prototype dalam produk kreatif kewirausahaan, untuk menumbuhkan keberanian.

Menarik Kesimpulan
1.    Guru memberi kesempatan kelompok peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok yang telah didapat. (Menumbuhkan karakter komunikatif)
2.    Guru mengatur presentasi kelompok pembahas dan kelompok yang menanggapi.
3.    Peserta didik dari kelompok pembahas mempresentasikan hasil kerja kelompok untuk pengertian dan tujuan Pembuatan prototype (Menumbuhkan karakter percaya diri)
4.    Guru mempersilakan  kelompok yang menanggapi untuk menyampaikan tanggapannya.
5.    Guru mempersilakan  peserta didik lain untuk menanggapi penyampaian hasil diskusi
6.    Peserta didik menarik kesimpulan/generalisasi tentang pengertian dan tujuan Pembuatan prototype . (Menumbuhkan karakter tepat)
7.    Guru memberikan koreksi jika ada kesalahan dalam presentasi.
8.    Peserta didik dari kelompok pembahas mempresentasikan hasil kerja kelompok untuk bentuk Pembuatan prototype. (Menumbuhkan karakter percaya diri)
9.    Guru mempersilakan  kelompok yang menanggapi untuk menyampaikan tanggapannya.
10. Guru mempersilakan  peserta didik lain untuk menanggapi penyampaian hasil diskusi
11. Peserta didik menarik kesimpulan/generalisasi tentang bentuk Pembuatan prototype
12. Guru memberikan koreksi jika ada kesalahan dalam presentasi Pembuatan prototype.
13. Guru memberikan apresiasi kepada kelompok yang tampil terbaik. (Menumbuhkan karakter Menghargai prestasi)
285 menit
Penutup
1.     Guru melakukan refleksi dengan menanyakan materi yang telah dipelajari. Selanjutnya guru memotivasi peserta didik untuk mengembangkan pemahaman terhadap materi yang sudah dipelajari.
2.     Guru membimbing dan memotivasi peserta didik dalam membuat kesimpulan.
3.     Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran yang sudah dilakukan dengan memberikan penguatan terhadap respon peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.
4.     Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran
10 menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi
Waktu
Pendahuluan
Orientasi
1.     Memberikan salam dan berdoa (menumbuhkan karakter religious)
2.     Mengkondisikan kelas dan pembiasaan (menumbuhkan karakter disiplin)
3.     Membaca AlQur’an (Secara bergiliran, dua orang peserta didik membaca AlQur’an)
4.     Mendata kehadiran peserta didik
Apersepsi
1.     Bertanya kepada peserta didik tentang tujuan pembuatan prototype dalam produksi?
Memberi Motivasi
1.     Guru menyampaikan rancangan penilaian
2.     Guru menyampaikan rubrik penilaian
20 menit
Inti
Merencanakan produk
1.    Guru meminta peserta didik  mengamati tayangan gambar produk kreatif dan mencatat hasil pengamatannya dalam Lembar Kerja Kelompok. (Menumbuhkan karakter teliti)
2.    Guru mempersilahkan peserta didik untuk mencermati iklan yang ditayangkan (menumbuhkan karakter teliti)
3.    Peserta didik merumuskan pertanyaan-pertanyaan
4.    Guru meminta peserta didik mengemukakan hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan
5.    Guru beserta peserta didik menyimpulkan unsur-unsur yang harus ada dalam produksi kreatif
6.    Guru meminta peserta didik membuat perencanaan produk kreatif yang dipilih

Melaksanakan proses produksi
1.     Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat prototype dari produk kreatif
2.     Peserta didik membuat prototype sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat
3.     Guru memberikan bimbingan terbatas pada peserta didik tertentu yang membutuhkan
4.     Guru melakukan penilaian proses pembuatan prototype
285 menit
Penutup
1.     Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
2.     Guru memandu peserta didik lokal
3.     Guru mengakhiri pembelajaran
10 menit

untuk lebih lengkap klik disini

Belum ada Komentar untuk "contoh RPP PKK/ PKWU 1 kelas XI SMK"

Posting Komentar

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mastimon

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel infeed