Pengertian hasil belajar


 Hasil belajar dapat diartikan sebagai perubahan tingkah laku kearah lain dari tingkah laku sebelumnya, yang diharapkan adalah kearah yang lebih baik dari tingkah laku sebelumnya. Dari yang tidak tahu menjadi tahu.Hasil belajar dapat dinyatakan secara kualitatif dengan pernyataan baik atau kurang baik, bagus atau tidak bagus.Sedangkan secara kuantitatif dinyatakan dalam bentuk angka.Dalam penelitian ini, penelitian menyatakan hasil belajar secara kuantitatif pada siswa.

 Pengertian hasil belajar

Hasil belajar dapat diartikan sebagai perubahan tingkah laku kearah lain dari tingkah laku sebelumnya, yang diharapkan adalah kearah yang lebih baik dari tingkah laku sebelumnya. Dari yang tidak tahu menjadi tahu.Hasil belajar dapat dinyatakan secara kualitatif dengan pernyataan baik atau kurang baik, bagus atau tidak bagus.Sedangkan secara kuantitatif dinyatakan dalam bentuk angka.Dalam penelitian ini, penelitian menyatakan hasil belajar secara kuantitatif pada siswa.
Menurut Dimyati (2003: 21) menjelaskan lagi bahwa
“hasil belajar diartikan sebagai tingakatan penguasan yang dicapai oleh pelajaran dalam mengikuti program belajar mengajar, sesuai dengan program keahlian penilaian yang telah ditetapkan.”

Dalam hal ini guru berkewajiban menciptakan kegiatan belajar mengajar yang mampu menunjang dan mendorong siswa untuk mengembangkan segala potensi yang ada secara optimal, sehingga keberhasilan dapat diperoleh siswa.
Menurut Oemar (2003: 23)       
hasil belajar adalah timbulnya tingkah laku, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, timbulnya pengertian baru, perubahan dalam sikap, kebiasaan ,keterampilan menghargai perkembangan, sifat-sifat normal, emosional dan pertumbuhan jasmani.
Dari pendapat di atas dapat diketahui bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh banyak yang berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung pada proses belajar mengajar. Kemudian Ahmadi (1998: 72) mengatakan bahwa: Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa itu adalah sebagai berikut :

a)      Faktor internal

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa. Faktor ini dapat dibagi di dalam beberapa bagian, yaitu :
1)      Faktor Sikap
Menurut Ahmadi (1998 : 72)

        Sikap adalah suatu kecendrungan untuk bereaksi dengan cara tertentu terhadap suatu rangsangan atau situasi yang dihadapi atau dengan kata lain bagaimana reaksi seseorang jika dia terkena suatu rangsangan baik mengenai orang, benda-benda ataupun situasi-situasi mengenai dirinya. Maka sikap yang baik akan sangat mempengaruhi hasil belajar yang akan dicapai.

2)      Faktor Intelegensi
      Menurut Ahmadi (1998 : 72)
        Intelegensi dalam arti sempit adalah kemampuan untuk mencapai prestasi di sekolah yang didalamnya berpikir perasaan. Intelegensi ini memegang peranan yang sangat penting bagi prestasi belajar siswa.Karena tingginya peranan intelegensi dalam mencapai hasil belajar yang maksimal maka guru harus memberikan perhatian yang sangat besar terhadap bidang studi yang banyak membutuhkan berpikir rasiologi untuk mata pelajaran mesin operasi dasar.”

3)      Faktor Motivasi
      Menurut Ahmadi (1998 : 72)
        Motivasi adalah dorongan dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan serta arah belajar untuk mencapai tujuan yang dikehendaki siswa. Siswa yang tidak termotivasi dalam belajar, maka PBM tidak akan berlangsung secara optimal.

4)      Faktor Minat
      Menurut Ahmadi (1998 : 72)
        Minat adalah kecendrungan yang mantap dalam subyek untuk merasa tertarik pada bidang tertentu. Siswa yang kurang berminat dalam pelajaran tertentu akan terhambat dalam belajar.

5)      Faktor Keadaan Fisik dan Psikis
      Menurut Ahmadi (1998 : 72)
        Keadaan fisik menunjukkan pada tahap pertumbuhan kesehatan jasmani, keadaan alat-alat indera dan lain sebagainya. Keadaan psikis menunjukkan pada keadaan stabilitas/labilitas mental siswa, karena fisik dan psikis yang sehat sangat berpengaruh positif terhadap kegiatan belajar mengajar dan sebaliknya.

b)      Faktor Eksternal

Faktor Eksternal adalah faktor dari luar diri siswa yang mempengaruhi hasil belajar. Faktor eksternal dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu :
1)      Faktor Guru
Menurut Ahmadi (1998 : 72)
Guru sebagai tenaga kependidikan memiliki tugas menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, membimbing, melatih, mengolah, meneliti dan mengembangkan serta memberikan peralatan teknik karena itu setiap harus memiliki wewenang dan kemampuan professional, kepribadian kemasyarakatan.Guru juga menunjukkan fleksibilitas yang tinggi yaitu pendekatan dedukatif dan gaya memimpin kelas yang selalu disesuaikan dengan keadaan, situasi kelas yang diberi pelajaran, sehingga dapat menunjang tingkat prestasi siswa semaksimal mungkin.


2)      Faktor Lingkungan Keluarga
Menurut Ahmadi (1998 : 72)
Lingkungan keluarga turut mempengaruhi hasil belajar, bahkan mungkin dapat dikatakan menjadi faktor yang sangat penting, karena sebagian besar waktu belajar dilaksanakan di rumah, keluarga kurang mendukung situasi belajar. Seperti kericuhan keluarga, kurang perhatian orang tua, kurang perlengkapan belajar akan mempengaruhi berhasil tidaknya belajar.


3)      Faktor Lingkungan Sekolah
                        Menurut Ahmadi (1998 : 72)
Lingkungan Sekolah turut mempengaruhi kemajuan hasil belajar. Kualitas guru, metode mengajarnya, kesesuaian kurikulum dengan kemampuan anak, keadaan fasilitas/perlengkapan disekolah, keadaan ruangan, jumlah murid per kelas, pelaksanaan tata tertib sekolah dan sebagainya, semua ini turut mempengaruhi hasil belajar.

4)      Faktor Lingkungan Masyarakat
Menurut Ahmadi (1998 : 72)
Lingkungan masyarakat juga menentukan hasil belajar. Bila disekitar tempat tinggal keadaan masyarakat terdiri dari orang-orang berpendidikan terutama anak-anaknya rata-rata bersekolah tinggi dan moralnya baik, hal ini mendorong lebih giat belajar.

5)      Faktor Sumber-sumber Belajar
Menurut Ahmadi (1998 : 72)
Salah satu faktor yang menunjang keberhasilan dalam proses belajar adalah tersedianya sumber belajar yang memadai. Sumber belajar itu dapat berupa media/alat bantu belajar serta bahan baku penunjang. Alat bantu belajar merupakan semua alat yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam melakukan perbuatan belajar. Maka pelajaran akan lebih menarik, menjadi konkret, mudah dipahami, hemat waktu dan tenaga serta hasil yang lebih bermakna.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian hasil belajar"

Posting Komentar

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mastimon

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel infeed