contoh RPP PKK/ PKWU lanjutan
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
1.
Memberikan
salam dan berdoa (menumbuhkan karakter religious)
2.
Mengkondisikan kelas dan pembiasaan (menumbuhkan
karakter disiplin)
3.
Membaca AlQur’an (Secara bergiliran, dua orang peserta didik membaca
AlQur’an)
4.
Mendata kehadiran peserta didik
Memberi Motivasi
1.
Guru menyampaikan rubrik penilaian
|
20 menit
|
Inti
|
Melaksanakan proses produksi
1. Guru mengarahkan peserta didik untuk melanjutkan proses pembuatan Prototype sesuai lanjutan proses sebelumnya
2.
Guru memberikan bimbingan
terbatas pada peserta didik tertentu yang membutuhkan
3.
Guru melakukan pendampingan
pada proses pembuatan prototype
4.
Guru melakukan penilaian proses pembuatan prototype dari produk kreatif
|
285 menit
|
Penutup
|
1. Guru melakukan refleksi dengan menanyakan materi yang telah dipelajari.
Selanjutnya guru memotivasi peserta didik untuk mengembangkan pemahaman
terhadap materi yang sudah dipelajari.
2. Guru membimbing dan memotivasi peserta didik dalam membuat kesimpulan.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran yang
sudah dilakukan dengan memberikan penguatan terhadap respon peserta didik
dalam mengikuti pembelajaran.
4. Guru meminta peserta didik membersihkan lokal
5. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 menit
|
Pertemuan 4
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
1.
Memberikan
salam dan berdoa (menumbuhkan karakter religious)
2.
Mengkondisikan kelas dan pembiasaan (menumbuhkan
karakter disiplin)
3.
Membaca AlQur’an (Secara bergiliran, dua orang peserta didik membaca
AlQur’an)
Mendata kehadiran peserta didik
Memberi Motivasi
1.
Guru menyampaikan rubrik penilaian
|
20 menit
|
Inti
|
Melaksanakan proses produksi
1. Peserta didik menyelesaikan pembuatan prototype
Mengevaluasi produk
1.
Guru mengarahkan peserta didik
untuk melakukan presentasi hasil produk yang telah dibuat didepan kelas
2.
Guru beserta
peserta didik melakukan evaluasi terhadap
hasil pekerjaan pembuatan media promosi yang dilakukan peserta didik, apabila ditemukan hasil yang
tidak sesuai dengan standar kualitas mutu, peserta didik diminta untuk
melakukan perbaikan.
3.
Guru melakukan penilaian hasil pembuatan
prototype
|
285 menit
|
Penutup
|
1. Guru melakukan refleksi dengan menanyakan materi yang telah dipelajari.
Selanjutnya guru memotivasi peserta didik untuk mengembangkan pemahaman
terhadap materi yang sudah dipelajari.
2. Guru membimbing dan memotivasi peserta didik dalam membuat kesimpulan.
3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran yang
sudah dilakukan dengan memberikan penguatan terhadap respon peserta didik
dalam mengikuti pembelajaran.
4. Guru meminta peserta didik membersihkan workshoop
1. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 menit
|
A. ALAT / BAHAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a.
Alat : LCD, laptop, spidol,
whiteboard, computer, printer, flashdisk, gambar dan video
b.
Bahan : kertas HVS
c.
Media : video, gambar
B. SUMBER BELAJAR
Lembar
bahan ajar, internet
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
a.
TeknikPenilaian :
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
·
Penilaian Sikap : observasi
|
Lembar Jurnal
|
·
Penilaian Pengetahuan : tes
tulis
|
|
·
Penilaian Keterampilan
: tes kinerja
|
Lembar Unjuk
Kerja
|
b.
Instrumen
Penilaian :
PENILAIAN PENGETAHUAN
Kisi-kisi
soal
KD
|
IPK
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Tes
|
Butir Soal
|
Tes Tulis
|
1.
Media
luar ruangan
Penskoran Jawaban dan Pengolahan
Nilai
Nilai
4 : jika jawaban sesuai kunci
jawaban dan ada pengembangan
Nilai
3 : jika jawaban sesuai kunci
jawaban
Nilai
2 : jika jawaban kurang sesuai
dengan kunci jawaban
Nilai
1 : jika jawaban tidak sesuai
dengan kunci jawaban
Contoh
Pengolahan Nilai :
IPK
|
No. Soal
|
Skor Penilaian
|
Nilai
|
1
|
1
|
3
|
Nilai perolehan KD pengetahuan : rerata dari nilai IPK
(10/12) X 100 = 83,33
|
2
|
2
|
3
|
|
3
|
3
|
4
|
|
Jumlah
|
10
|
PENILAIAN KETERAMPILAN
Kisi-kisi Soal
KD
|
IPK
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Tes
|
Butir Soal
|
1.
|
KRITERIA
PENILAIAN
NO
|
NAMA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
KET
|
|||||||||||||||
ISI TEKS
|
DESAIN
|
GAMBAR
|
KUALITAS
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
Keterangan :
Point
|
Keterangan
Aspek Yang Dinilai
|
|||
ISI TEKS
|
DESAIN
|
GAMBAR
|
KUALITAS
|
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
Belum ada Komentar untuk "contoh RPP PKK/ PKWU lanjutan"
Posting Komentar