RPP gambar teknik mesin
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMK N ..
Paket Keahlian : Teknik Pemesinan
Mata Pelajaran : Gambar Teknik Mesin
Kelas / Semester : X / 1
Materi Pokok : Gambar Piktorial
Alokasi
Waktu : 7 x pertemuan ( 4 x 45 menit)
A. Kompetensi Inti ( KI ) :
3.
Memahami ,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan homaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah , menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri,
dan mampu melaksanakan tugas di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar
(KD
3.6)
Mendeskripsi kan persyaratan gambar proyeksi piktorial (3D) berdasarkan
aturan gambar proyeksi
(KD 4.6)
Membuat gambar benda 3D, sesuai aturan proyeksi piktorial
C. Indikator
•
Menjabarkan
proyeksi piktorial
|
•
Menguraikan
macam macam proyeksi piktorial
|
·
Mencontohkan macam – macam proyeksi
piktorial
|
•
Mengindentifikasi proyeksi
piktorial
|
•
Membuat
proyeksi piktorial
|
•
Memanipulasi proyeksi piktorial
|
•
Mendemonstrasikan
Cara pembuatan proyeksi piktorial
|
D. Tujuan Pembelajaran.
Melalui
kegiatan Mengamati, menanya,mengumpulkan
data (mengeksplorasi), mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat :
Ø Melalui tanya jawab Siswa dapat
mengidentifikasi proyeksi piktorial
|
Ø Melalui penerapan materi siswa dapat
menjabarkan jenis jenis proyeksi piktorial
|
Ø Melalui penjabaran materi siswa dapat
menguraikan jenis jenis proyeksi piktorial
|
Ø Menjelaskan
bentuk bentuk proyeksi piktorial
|
Ø melaksanakan
praktek pembuatan proyeksi piktorial
|
Ø Praktek
pembuatan proyeksi dengan memanipulasi bentuk
|
Ø Mendemostrasikan
pembuatan proyeksi piktorial
|
E. Materi Pembelajaran.
Ø Teori
proyeksi piktorial
Ø Jenis
jenis proyeksi piktorial
Ø Bentuk
masing masing proyeksi piktorial
Ø Mencontohkan
masing masing proyeksi
pictorial
Ø Peraktek
menggambar proyeksi
pictorial
F. Metode Pembelajaran
•
Pendekatan
: Saintifik
•
Model
Pembelajaran : Discovery learning
•
Metode : Demonstrasi, diskusi, penugasan dan praktek.
G. Alat/Media/ Bahan
•
Alat/media
: papan tulis, kertas,
alat tulis, jangka, rol siku, roll gambar
•
Sumber :
Buku pelajaran dan buku referensi serta artikel yg relevan
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
•
Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar menagajar,
kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, kebersihan, kelas,
menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan)
•
Guru
memberikan motivasi dan sikap spiritual yaitu bersyukur karena bisa lulus SMP
dan dapat dapat melanjutkan belajar di SMK
•
Guru
menyampaikan topik yang akan dipelajari dan menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai
|
20 menit
|
Inti
|
1.
Mengamati
a.
Siswa
mengamati gambar-gambaryang di tayangkan guru dalam bentuk presentasi power point
b.
Siswa
mengamati media peraga yang diperlihatkan oleh guru
2.
Menanya
Guru melakukan
Tanya jawab dengan siswa tentang gambar proyek sipiktorial serta fungsinya dan cara penyajian
proyeksi isometri
3.
Mengeksplorasi
a.
Siswa
dengan bimbingan guru mencoba mengumpulkan data dari apa
yang telah diamati dan disebutkan terkait dengan gambar proyeksi piktorial ( serta fungsinya
.
b.
Guru
mengapresiasi apa yang telah dicoba siswa
4.
Mengasosiasi
a.
Guru
memberikan pertanyaan secara acak kepada siswa tentang gambar proyeksi piktorial sertafungsinya
b.
Siswa
menginterpretasikan
tentang gambar
proyeksi pictorial sertafungsinya
yang diamati dalam kehidupan sehari - hari
c.
Guru
mengapresiasi jawaban - jawaban siswa.
5.
Mengkomunikasikan
a.
Siswa
menyampaikan tentang gambar proyeksi pictorial serta fungsinya.
b. Guru mengapresiasi terhadap
pemikirandan
kesimpulan yang disampaikan siswa tentang gambar proyeksi piktorial serta fungsinya
|
180 menit
|
Penutup
|
1. Peserta didik dapat ditanya apakah sudah
memahami materi pelajaran tersebut
2. Bersama sama dengan peserta didik membuat
rangkuman materi
3. Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang
sudah dilaksasanakan
4. Memberikan umpan balik terhadap hasil proses
pembelajaran, merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran
remedial, program pengayaan layanan konseling atau memberi tugas baik
individu maupun kelompok
5. Guru dan peserta didik menutup kegiatan
dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini
telah berlangsung dengan baik dan lancar
|
30 menit
|
Pertemuan ke 2
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
•
Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar menagajar,
kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, kebersihan, kelas,
menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan)
•
Guru
memberikan motivasi dan sikap spiritual yaitu bersyukur karena bisa lulus SMP
dan dapat dapat melanjutkan belajar di SMK
•
Guru
menyampaikan topik yang akan dipelajari dan menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai
|
20 menit
|
Inti
|
1.
Mengamati
a.
Siswa
mengamati gambar-gambaryang di tayangkan guru dalam bentuk presentasi power point
b.
Siswa
mengamati media peraga yang diperlihatkan oleh guru
2.
Menanya
Guru melakukan
Tanya jawab dengan siswa tentang gambar proyeksi piktorial isometri, jenis dan serta fungsinya.
3.
Mengeksplorasi
a.
Siswa
dengan bimbingan guru mencoba mengumpulkan
data dari apa yang telah diamati dan disebutkan
terkait dengan gambar proyeksi isometric certa fungsinya .
b.
Guru
mengapresiasi apa yang telah dicoba siswa
4.
Mengasosiasi
a.
Guru
memberikan pertanyaan secara acak kepada siswa tentang tentang gambar proyeksi isometric serta fungsinya
b.
Siswa
menginterpretasikan
tentang gambar
proyeksi isometric sertafungsinya yang diamati dalam kehidupan sehari-hari
c.
Guru
mengapresiasi jawaban-jawaban siswa.
5.
Mengkomunikasikan
a.
Siswa
menyampaikan tentang gambar proyeksi isometric sertafungsinya.
Guru mengapresiasi terhadap
pemikirandan
kesimpulan yang disampaikan siswa tentang gambar proyeksi isometric serta fungsinya
|
180
menit
|
Penutup
|
1. Peserta didik dapat ditanya apakah sudah
memahami materi pelajaran tersebut
2.
Bersama
sama dengan peserta didik membuat rangkuman materi
3.
Melakukan
penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksasanakan
4.
Memberikan
umpan balik terhadap hasil proses pembelajaran, merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, program pengayaan layanan
konseling atau memberi tugas baik individu maupun kelompok
5.
Guru
dan peserta didik menutup kegiatan dengan mengucapkan rasa syukur kepada
Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar
|
25 menit
|
Pertemuan ke 3
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
•
Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar menagajar,
kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, kebersihan, kelas,
menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan)
•
Guru
memberikan motivasi dan sikap spiritual yaitu bersyukur karena bisa lulus SMP
dan dapat dapat melanjutkan belajar di SMK
•
Guru
menyampaikan topik yang akan dipelajari dan menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai
|
20 menit
|
Inti
|
1.
Mengamati
a.
Siswa
mengamati gambar-gambaryang di tayangkan guru dalam bentuk presentasi power point
b.
Siswa
mengamati media peraga yang diperlihatkanoleh guru
2.
Menanya
Guru melakukan
Tanya jawab dengan siswa tentang gambar proyeksi isometric lebih lanjut serta fungsinya.
3.
Mengeksplorasi
a.
Siswa
dengan bimbingan guru mencoba mengumpulkan data dariapa
yang telah diamati dan disebutkan terkait dengan gambar proyeksi isometric lebih lanjut sertafungsinya
.
b.
Guru
mengapresiasi apa yang telah dicoba siswa
4.
Mengasosiasi
a.
Guru
memberikan pertanyaan secara acak kepada siswa tentang tentang gambar proyeksi isometri lanjutan sertafungsinya
b.
Siswa
menginterpretasikan
tentang gambar
proyeksi isometric lanjutan serta fungsinya yang diamati dalam kehidupan sehari-hari
c.
Guru
mengapresiasi jawaban-jawabansiswa.
5.
Mengkomunikasikan
a.
Siswa
menyampaikan tentang gambar proyeksi isometric serta fungsinya.
b. Guru mengapresiasi terhadap
pemikirandan
kesimpulan yang disampaikan siswatentang gambar proyeksi isometri lanjutan serta fungsinya
|
180
menit
|
Penutup
|
6. Peserta didik dapat ditanya apakah sudah memahami
materi pelajaran tersebut
7. Bersama sama dengan peserta didik membuat
rangkuman materi
8. Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang
sudah dilaksasanakan
9. Memberikan umpan balik terhadap hasil proses
pembelajaran, merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran
remedial, program pengayaan layanan konseling atau memberi tugas baik
individu maupun kelompok
10.
Guru
dan peserta didik menutup kegiatan dengan mengucapkan rasa syukur kepada
Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan
baik dan lancar
|
26 enit
|
Pertemuan ke 4
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
•
Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar menagajar,
kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, kebersihan, kelas,
menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan)
•
Guru
memberikan motivasi dan sikap spiritual yaitu bersyukur karena bisa lulus SMP
dan dapat dapat melanjutkan belajar di SMK
•
Guru
menyampaikan topik yang akan dipelajari dan menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai
|
20 menit
|
Inti
|
1.
Mengamati
a.
Siswa
mengamati gambar-gambaryang di tayangkan guru dalam bentuk presentasi power point
b.
Siswa
mengamati media peraga yang diperlihatkan oleh guru
2.
Menanya
Guru
melakukan Tanya jawab dengan siswa tentang gambar proyeksi pictorial miring (3D) sertafungsinya.
3.
Mengeksplorasi
a.
Siswa
dengan bimbingan guru mencoba mengumpulkan
data dariapa yang telah diamati dan disebutkan terkait dengan gambar proyeksi pictorial miring (3D) serta fungsinya
.
b.
Guru
mengapresiasi apa yang telah dicoba siswa
4.
Mengasosiasi
a.
Guru
memberikan pertanyaan secara acak kepada siswa tentang gambar proyeksi pictorial miring (3D) sertafungsinya
b.
Siswa
menginterpretasikan
tentang gambar
proyeksi pictorial miring (3D) sertafungsinya yang diamati dalam kehidupan sehari-hari
c.
Guru
mengapresiasi jawaban-jawabansiswa.
5.
Mengkomunikasikan
a.
Siswa
menyampaikan tentanggambarproyeksipiktorial (3D) miringsertafungsinya.
b.
Guru
mengapresiasi terhadap pemikirandan kesimpulan yang
disampaikan siswatentanggambarproyeksipictorial miring (3D)sertafungsinya
|
180
menit
|
Penutup
|
1. Peserta didik dapat ditanya apakah sudah
memahami materi pelajaran tersebut
2. Bersama sama dengan peserta didik membuat rangkuman
materi
3. Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang
sudah dilaksasanakan
4. Memberikan umpan balik terhadap hasil proses
pembelajaran, merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran
remedial, program pengayaan layanan konseling atau memberi tugas baik
individu maupun kelompok
5. Guru dan peserta didik menutup kegiatan
dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini
telah berlangsung dengan baik dan lancar
|
30 menit
|
Pertemuan ke 5
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
•
Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar menagajar,
kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, kebersihan, kelas,
menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan)
•
Guru
memberikan motivasi dan sikap spiritual yaitu bersyukur karena bisa lulus SMP
dan dapat dapat melanjutkan belajar di SMK
•
Guru
menyampaikan topik yang akan dipelajari dan menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai
|
20 menit
|
Inti
|
1.
Mengamati
1.
Siswa
mengamati gambar-gambaryang di tayangkan guru dalam bentuk presentasi power point
2.
Siswa
mengamati media peraga yang diperlihatkanoleh guru
2.
Menanya
Guru melakukan Tanya
jawabdengansiswatentanggambarproyeksi pictorial miring
lanjutan
(3D)sertafungsinya.
3.
Mengeksplorasi
1.
Siswa
dengan bimbingan gurumencobamengumpulkan data dariapa
yang telahdiamatidandisebutkanterkaitdengangambarproyeksi pictorial miring lanjutan (3D)sertafungsinya .
2.
Guru
mengapresiasi apa yang telah dicoba siswa
3.
Mengasosiasi
1.
Guru
memberikan pertanyaan secara acak kepada siswatentangtentanggambarproyeksi pictorial miringlanjutan (3D)sertafungsinya
2.
Siswa
menginterpretasikan
tentanggambarproyeksi
pictorial miring lanjutan (3D)sertafungsinya
yang diamatidalamkehidupansehari-hari
4.
Guru
mengapresiasi jawaban-jawabansiswa.
1.
Mengkomunikasikan
2.
Siswa
menyampaikan tentanggambarproyeksipiktorial (3D) miring lanjutansertafungsinya.
5. Guru mengapresiasi terhadap
pemikirandan
kesimpulan yang disampaikan siswatentanggambarproyeksi pictorial miring lanjutan (3D) serta fungsinya
|
180
menit
|
Penutup
|
1.
Peserta
didik dapat ditanya apakah sudah memahami materi pelajaran tersebut
2. Bersama sama dengan peserta didik membuat
rangkuman materi
3. Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang
sudah dilaksasanakan
4. Memberikan umpan balik terhadap hasil proses
pembelajaran, merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran
remedial, program pengayaan layanan konseling atau memberi tugas baik
individu maupun kelompok
5. Guru dan peserta didik menutup kegiatan
dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini
telah berlangsung dengan baik dan lancar
|
30 menit
|
Pertemuan ke 6
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
•
Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar menagajar,
kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, kebersihan, kelas,
menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan)
•
Guru
memberikan motivasi dan sikap spiritual yaitu bersyukur karena bisa lulus SMP
dan dapat dapat melanjutkan belajar di SMK
•
Guru
menyampaikan topik yang akan dipelajari dan menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai
|
20 menit
|
Inti
|
1.
Mengamati
1.
Siswa
mengamati gambar-gambaryang di tayangkan guru dalam bentuk presentasi power point
2.
Siswa
mengamati media peraga yang diperlihatkan oleh guru
3.
Menanya
Guru melakukan
Tanya jawab dengan siswa tentang gambar proyeksi piktorial (3D) perspektif serta fungsinya.
4.
Mengeksplorasi
1.
Siswa
dengan bimbingan guru mencoba mengumpulkan data dariapa
yang telah diamati dan disebutkan terkait dengan gambar proyeksi piktorial (3D) perspektif
serta fungsinya .
2.
Guru
mengapresiasi apa yang telah dicoba siswa
3.
Mengasosiasi
1)
Guru
memberikan pertanyaan secara acak kepada siswa tentang tentang gambar proyeksi piktorial (3D) perspektif
serta fungsinya
2)
Siswa
menginterpretasikan
tentang gambar
proyeksi piktorial (3D) perspektif serta fungsinya
yang diamati dalam kehidupan sehari-hari.
3)
Guru
mengapresiasi jawaban-jawaban siswa.
2.
Mengkomunikasikan
1.
Siswa
menyampaikan tentang gambar proyek sipiktorial (3D) perspektif sertafungsinya.
2. Guru mengapresiasi terhadap
pemikirandan
kesimpulan yang disampaikan siswa tentang gambar proyeksi piktorial (3D) perspektif serta fungsinya
|
180
menit
|
Penutup
|
1. Peserta didik dapat ditanya apakah sudah
memahami materi pelajaran tersebut
2. Bersama sama dengan peserta didik membuat
rangkuman materi
3. Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang
sudah dilaksasanakan
4. Memberikan umpan balik terhadap hasil proses
pembelajaran, merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran
remedial, program pengayaan layanan konseling atau memberi tugas baik
individu maupun kelompok
5. Guru dan peserta didik menutup kegiatan
dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini
telah berlangsung dengan baik dan lancar
|
30 menit
|
Pertemuan ke 7
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
•
Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar menagajar,
kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, kebersihan, kelas,
menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan)
•
Guru
memberikan motivasi dan sikap spiritual yaitu bersyukur karena bisa lulus SMP
dan dapat dapat melanjutkan belajar di SMK
•
Guru
menyampaikan topik yang akan dipelajari dan menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai
|
20 menit
|
Inti
|
1.
Mengamati
a.
Siswa
mengamati gambar-gambaryang di tayangkan guru dalam bentuk presentasi power point
b.
Siswa
mengamati media peraga yang diperlihatkanoleh guru
2.
Menanya
Guru melakukan
Tanya jawab dengan siswa tentanggambar proyeksi piktorial (3D) perspektif lanjutan serta fungsinya.
3.
Mengeksplorasi
c.
Siswa
dengan bimbingan guru mencoba mengumpulkan data dariapa
yang telah diamati dan disebutkan terkait dengan gambar proyeksi piktorial (3D) perspektif lanjutan serta fungsinya .
d.
Guru
mengapresiasi apa yang telah dicoba siswa
4.
Mengasosiasi
5.
Guru
memberikan pertanyaan secara acak kepada siswa tentang tentang gambar proyeksi piktorial (3D) perspektif lanjutan serta fungsinya
6.
Siswa
menginterpretasikan
tentang gambar
proyeksi piktorial (3D) perspektif lanjutan sertafungsinya
yang diamati dalam kehidupan sehari-hari.
7.
Guru
mengapresiasi jawaban-jawabansiswa.
8.
Mengkomunikasikan
9.
Siswa
menyampaikan tentang gambar proyeksi piktorial (3D) perspektif lanjutan serta fungsinya.
10. Guru mengapresiasi terhadap
pemikirandan
kesimpulan yang disampaikan siswa tentang gambar proyeksi piktorial (3D) perspektif
lanjutan serta fungsinya.
|
180
menit
|
Penutup
|
6. Peserta didik dapat ditanya apakah sudah
memahami materi pelajaran tersebut
7. Bersama sama dengan peserta didik membuat
rangkuman materi
8. Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang
sudah dilaksasanakan
9. Memberikan umpan balik terhadap hasil proses
pembelajaran, merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran
remedial, program pengayaan layanan konseling atau memberi tugas baik
individu maupun kelompok
10. Guru dan peserta didik menutup kegiatan
dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini
telah berlangsung dengan baik dan lancar.
|
30 menit
|
I.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
a. Teknik Penilaian:
a.
Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan
b.
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/Praktik, Proyek, Portofolio
b.
Bentuk Penilaian:
a.
Observasi :
Jurnal guru
b.
Tes tertulis : uraian dan lembar kerja
c.
Unjuk kerja :Praktik/Pedoman Penskoran
J.
PROGRAM
TINDAK LANJUT
1.
Remedial
· Pesertadidik yang belummencapai KKMdiberitugasmengamati konsep pembuaatan etiket
· Setelahduaminggu guru mengevaluasikemajuankompetensipesertadidiktentang konsep pembuaan etiket
· Kemudian guru melaksanakanpenilaian remedial.
2. Pengayaan
Bagi peserta didik mempunyai nilai di atas 75 diberi
pengayaan berupa tugas mandiri untuk membuatetiket dan macam – macam bentuk etiket
Belum ada Komentar untuk "RPP gambar teknik mesin "
Posting Komentar