Analisilah keterkaitan antara SKL, KI dan KD dasar teknik mesin kelas x smk semester 1


Mata Pelajaran                      : Dasar Teknik Mesin
Program Studi                       : Teknik Pemesinan
Kelas/ Semester                     : X/ I
Mata Pelajaran                      : Dasar Teknik Mesin (C-2)

Tugas 1:     Analisilah keterkaitan antara SKL, KI dan KD


KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SPRITUAL)
KOMPETENSI INTI 2
(SIKAP SOSIAL)
ANALISIS DAN REKOMENDASI KI

Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI-1dan KI-2 mata pelajaran untuk tingkat program pendidikan 3 tahun/4 tahun (sesuairanah /tidaksesuairanah)
Keteranganpengisiankolomsbb:
1.        Kompetens iInti Sikap Spritual (KI-1) berdasarkan KI-KD matapelajaran/ silabus
2.        Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI-2) berdasarkan KI-KD matapelajaran/ silabus
3.        Analisis: KI-1dan KI-2mata pelajaran untuk tingkat program pendidikan 3 tahun/4 tahun (sesuairanah / tidak sesuai ranah)
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
ANALISIS DAN REKOMENDASI KI
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Pemesinan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Pemesinan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur  sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan,gerakmahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KI-3 Pengetahuan dan KI-4 Keterampilan adalah untuk program pendidikan 3 Tahun
KI-3 dan KI-4 tersebut sesuai menjadi rujukan KD-KD mata pelajaran PKK (3 thn)
Keteranganpengisiankolomsbb:
4.        Kompetensi Inti Pengetahuan (KI-3) berdasarkan KI-KD matapelajaran/ silabus
5.        Kompetensi Inti Keterampilan (KI-4) berdasarkan KI-KD matapelajaran/silabus
6.        Analisis: KI-3 dan KI-4 matapelajaran untuk tingkat program pendidikan 3 tahun / 4 tahun (pilihsalahsatu) dan (sesuai ranah /tidaksesuairanah)
Rekomendasi: sesuai / tidak sesuai tingkat program pendidikan (pilih salah satu), jika tidak sesuai cantumkan KI yang sesuaitingkat program pendidikan.
Analisis KD KD

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
(KD dari KI-3)
KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN
(KDdari KI-4)
Analisis KD-3
Rekomendasi KD-3
Analisis KD-4
Rekomendasi KD-4
Rekomendasi KD-KD padaMapel
Tingkat Dimens Kognitif dan Bentuk Dimensi Pengetahuan
Kesesuaian Dimensi Kognitif dengan  Bentuk  Pengetahuan
Bentuk Taksonomi dan Tingkat Taksonomi
Kesetaraan Taksonomi KD-dari KI-3 dg KD dari KI-4
·      Ketercapaian Dimensi Kognitif dan Bentuk Pengetahuan semua KD-3 dalam Mata Pelajaran
KetercapaianTaksonomi semua KD-4 dalam Mata Pelajaran
3.5 Menerapkan penggunaan perkakas bertenaga/operasi digenggam
4.5Mengoperasikanperkakasbertenaga/operasidigenggam
Tingkat dimensi kognitif adalah Menerapkan (C3) dan penggunaan perkakas bertenaga operasi digemgam adalah bentuk pengetahuan Penerapan


Menerapkan(C3) Kesesuaian dimensi konigtif dengan bentuk pengetahuan
Mengoperasikan perkakas tangan bertenaga  ( Presisi (P3 )
Menerapkan(C3) Kesesuaian dimensi konigtif dengan bentuk pengetahuan
Mengoperasikan perkakas tangan bertenaga  ( Presisi (P3 )


Hubungan antara ki3 dan ki 4 sudah sesuai antara pengetahuan dan keterampilan



     


Analisis  Kopetensi Inti, Kopetensi Dasar dan Standar Kopetensi Lulusan

Stanar Kopetensi Lulusan
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Analisis
Dimensi
Kualifikasi Kemampuan
Sikap
Memililki prilaku yang mencerminkan sikap orang yang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dapat menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
K-1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang di anut nya


1.1 mensyukuri kesempatan dapat mempelajari dasar teknik mesin yang di ujudkan dalam semangant belajar
KI-1 dan KI-2 mata pelajran untuk tingkat program pendidikan 3 tahun/ 4 tahun ( sesuai ranah/ tidak sesuai ranah)
K-2 menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kerjasama, toleransi,damai, santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan

2,1 menunjukkan prilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.2 menunjukkan prilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
2.3 menunjukakan prilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional
Pengetahuan
Dapat menentukan dan menggunakan perkakas angan sesuai dengan fungsinya masing – masing dengan jujur, tanngungjawab, disiplin, dan toleransi dengan teman
K-3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Pemesinan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
3.5 Menerapkan penggunaan perkakas bertenaga/operasi digenggam
K1- 3 pengetahuan dan KI-4 keterampilan adalah untuk program pendidikan 3 tahun
KI-3 dan KI- 4 sesuai dengan rujukan KD-KD mata pelajaran Dasar teknik mesin ( 3tahun)
Keterampilan

K-4 Melaksanakan tugas spesifikdenganmenggunakanalat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Pemesinan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur  sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan,gerakmahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.5 Mengoperasi kanperkakas bertenaga/ operasi digenggam
K1- 3 pengetahuan dan KI-4 keterampilan adalah untuk program pendidikan 3 tahun
KI-3 dan KI- 4 sesuai dengan rujukan KD-KD mata pelajaran Dasar teknik mesin ( 3tahun)







Belum ada Komentar untuk "Analisilah keterkaitan antara SKL, KI dan KD dasar teknik mesin kelas x smk semester 1"

Posting Komentar

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mastimon

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel infeed