Analisilah keterkaitan antara SKL, KI dan KD dasar teknik mesin kelas x smk semester 1
Mata Pelajaran : Dasar
Teknik Mesin
Program Studi : Teknik Pemesinan
Kelas/ Semester : X/ I
Mata Pelajaran : Dasar Teknik Mesin (C-2)
|
KOMPETENSI INTI
1
(SIKAP SPRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI
2
(SIKAP SOSIAL)
|
ANALISIS DAN
REKOMENDASI KI
|
Menghayatidanmengamalkanajaran
agama yang dianutnya
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian
secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI-1dan
KI-2 mata pelajaran untuk tingkat program pendidikan 3 tahun/4 tahun
(sesuairanah /tidaksesuairanah)
|
Keteranganpengisiankolomsbb:
1.
Kompetens iInti Sikap Spritual
(KI-1) berdasarkan KI-KD matapelajaran/ silabus
2.
Kompetensi Inti Sikap Sosial
(KI-2) berdasarkan KI-KD matapelajaran/ silabus
3.
Analisis:
KI-1dan KI-2mata pelajaran untuk tingkat program pendidikan 3 tahun/4 tahun
(sesuairanah / tidak sesuai ranah)
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
ANALISIS DAN REKOMENDASI KI
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar,
dan metakognitif sesuai dengan
bidang dan lingkup kerja Teknik Pemesinan pada tingkat teknis, spesifik,
detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian
dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan
alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan
masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Pemesinan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang
terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif,
dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan,gerakmahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KI-3 Pengetahuan dan KI-4 Keterampilan adalah untuk program pendidikan
3 Tahun
KI-3 dan KI-4 tersebut sesuai menjadi rujukan KD-KD mata pelajaran PKK
(3 thn)
|
Keteranganpengisiankolomsbb:
4.
Kompetensi Inti Pengetahuan (KI-3) berdasarkan KI-KD
matapelajaran/ silabus
5.
Kompetensi Inti Keterampilan (KI-4) berdasarkan
KI-KD matapelajaran/silabus
6.
Analisis:
KI-3 dan KI-4 matapelajaran untuk tingkat
program pendidikan 3 tahun / 4 tahun (pilihsalahsatu) dan (sesuai ranah
/tidaksesuairanah)
Rekomendasi: sesuai / tidak sesuai tingkat program pendidikan (pilih salah satu), jika tidak sesuai cantumkan KI yang sesuaitingkat
program pendidikan.
Analisis KD KD
|
KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
(KD dari KI-3)
|
KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN
(KDdari KI-4)
|
Analisis KD-3
|
Rekomendasi
KD-3
|
Analisis KD-4
|
Rekomendasi
KD-4
|
Rekomendasi
KD-KD padaMapel
|
Tingkat
Dimens Kognitif dan Bentuk Dimensi Pengetahuan
|
Kesesuaian Dimensi Kognitif dengan Bentuk Pengetahuan
|
Bentuk Taksonomi dan Tingkat Taksonomi
|
Kesetaraan Taksonomi KD-dari
KI-3 dg KD dari KI-4
|
·
Ketercapaian Dimensi Kognitif dan Bentuk Pengetahuan semua KD-3 dalam Mata
Pelajaran
KetercapaianTaksonomi semua KD-4 dalam Mata
Pelajaran
|
||
3.5
Menerapkan penggunaan perkakas bertenaga/operasi digenggam
|
4.5Mengoperasikanperkakasbertenaga/operasidigenggam
|
Tingkat dimensi kognitif adalah Menerapkan (C3) dan penggunaan
perkakas bertenaga operasi digemgam adalah bentuk pengetahuan Penerapan
|
Menerapkan(C3)
Kesesuaian
dimensi konigtif dengan bentuk pengetahuan
|
Mengoperasikan perkakas tangan
bertenaga ( Presisi (P3 )
|
Menerapkan(C3) Kesesuaian
dimensi konigtif dengan bentuk pengetahuan
Mengoperasikan
perkakas tangan bertenaga ( Presisi (P3 )
|
Hubungan
antara ki3 dan ki 4 sudah sesuai antara pengetahuan dan keterampilan
|
Analisis Kopetensi Inti, Kopetensi Dasar dan Standar
Kopetensi Lulusan
Stanar Kopetensi Lulusan
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Analisis
|
|
Dimensi
|
Kualifikasi Kemampuan
|
|||
Sikap
|
Memililki
prilaku yang mencerminkan sikap orang yang beriman, berakhlak mulia, berilmu,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dapat menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan
|
K-1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang di anut nya
|
1.1
mensyukuri kesempatan dapat mempelajari dasar teknik mesin yang di ujudkan
dalam semangant belajar
|
KI-1 dan KI-2
mata pelajran untuk tingkat program pendidikan 3 tahun/ 4 tahun ( sesuai
ranah/ tidak sesuai ranah)
|
K-2 menghayati dan mengamalkan prilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, kerjasama, toleransi,damai, santun,
responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan
|
2,1
menunjukkan prilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
interpersonal dengan guru dan teman
2.2
menunjukkan prilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab
dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
2.3
menunjukakan prilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai dalam
melaksanakan komunikasi fungsional
|
|||
Pengetahuan
|
Dapat
menentukan dan menggunakan perkakas angan sesuai dengan fungsinya masing –
masing dengan jujur, tanngungjawab, disiplin, dan toleransi dengan teman
|
K-3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang
dan lingkup kerja Teknik Pemesinan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
3.5
Menerapkan penggunaan perkakas bertenaga/operasi digenggam
|
K1- 3
pengetahuan dan KI-4 keterampilan adalah untuk program pendidikan 3 tahun
KI-3 dan KI- 4
sesuai dengan rujukan KD-KD mata pelajaran Dasar teknik mesin ( 3tahun)
|
Keterampilan
|
K-4
Melaksanakan tugas
spesifikdenganmenggunakanalat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Pemesinan. Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara
efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan,gerakmahir, menjadikan
gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
|
4.5
Mengoperasi kanperkakas bertenaga/ operasi digenggam
|
K1- 3
pengetahuan dan KI-4 keterampilan adalah untuk program pendidikan 3 tahun
KI-3
dan KI- 4 sesuai dengan rujukan KD-KD mata pelajaran Dasar teknik mesin (
3tahun)
|
Belum ada Komentar untuk "Analisilah keterkaitan antara SKL, KI dan KD dasar teknik mesin kelas x smk semester 1"
Posting Komentar