CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2019 revisi Model : discovery learning Pendekatan : student center


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah               : SMK N 1 Indonesia
Kompetensi Keahlian    : Rekayasa Perangkat Lunak
Mata Pelajaran               : Pemrograman Dasar
Materi Pokok                : alur pemrograman komputer
Kelas/Semester             : X/1
Tahun Pelajaran             : 2017/2018
Alokasi Waktu              : 2 x 45 menit (1 x pertemuan)


A.  Kompetensi Inti
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.         Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Rekayasa Perangkat Lunak pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan Internasional
4.         Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Rekayasa Perangkat Lunak. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.



B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1   Menerapkan alur logika pemrograman komputer
3.1 Menjelaskan alur logika pemrograman kompute
3.2 Menggunakan alur logika pemrograman komputer dalam memecahkan masalah
4.1 Membuat alur logika pemrograman komputer
4.2.1 Mendemonstrasikan pembuatan alur logika pemrograman komputer
4.2.2     Menggambar alur logika pemrograman komputer untuk menyelesaikan suatu permasalahan

C.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.       Melalui diskusi dan informasi, peserta didik dapat menjelaskan alur logika pemrograman komputer dengan santun
2.       Melalui diskusi dan informasi, peserta didik dapat Menggunakan alur logika pemrograman komputer dalam memecahkan masalah dengan bertanggung jawab
3.       Melalui demonstrasi, peserta didik dapat mendemonstrasikan pembuatan alur logika pemrograman komputer dengan teliti
4.       Melalui praktikum, peserta didik dapat menggambar alur logika pemrograman komputer untuk menyelesaikan suatu permasalahan

D.  MATERI PEMBELAJARAN

Fakta
·         Logika, pemrograman, Algoritma
·         Flowchart, pseudocode
Konsep
·         Pengertian
·         Jenis-jenis alur logika pemrograman komputer
·         Jenis lambing flowchart
Prosedur
Cara penulisan alur logika pemrograman komputer
Metakognitif
-

E.   METODE
·           Model : discovery learning
·           Pendekatan : student center
·           Metode : diskusi, informasi,  demonstrasi, praktikum

F.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pendahuluan (10 menit)
·         mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan berdoa (religious), menanyakan keadaan siswa, presensi;
·         Apersepi, dengan menanyakan :
Salah satu Konsep matematika dan fisika
·         menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu membuat aplikasi pemrograman;
·         menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
·         menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.

Kegiatan Inti (70 menit)
Sintak Model
Kegiatan
Waktu
Muatan
Pemberian stimulus terhadap peserta didik
·     Guru meminta peserta didik untuk melihat berbagai jenis symbol dalam diagram alir
·     Guru menugaskan peserta didik membaca buku untuk mengidentifikasi berbagai jenis symbol dalam diagram alir
·     Peserta didik mengamati bahan tayang yang disajikan oleh Guru.
·     Peserta didik membaca buku berkaitan dengan diagram alir untuk program alur program bercabang dan berulang
·      
·     PPK (cermat)
·     Literasi
Identifikasi  masalah
·     Peserta didik berdiskusi tentang diagram alir untuk alur program bercabang dan berulang
·     Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri diagram alir untuk program alur program bercabang dan berulang
·     Peserta didik menentukan diagram alir untuk program alur program bercabang dan berulang
·     Guru menugaskan peserta didik untuk mengidentifikasi masalah utama apa dalam membuat diagram alir untuk alur program bercabang dan berulang
·     Peserta didik mengidentifikasi masalah – masalah melalui contoh yang didemonstrasika n oleh guru mengenai diagram alir untuk alur program bercabang dan berulang
·     Peserta didik membaca buku untuk mendapatkan informasi tentang diagram alir untuk alur program bercabang dan berulang
·     Peserta didik mendiskusikan diagram alir untuk alur program bercabang dan berulang
·     Berdasarkan hasil membaca buku dan diskusi peserta didik merumuskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat diagram alir untuk alur program bercabang dan berulang
·      
·      
Pengumpulan data
·     Guru meminta peserta didik untuk membuat diagram alir alur bercabang dan berulang pemrograman
·     Peserta didik menggali informasi tentang alur bercabang dan berulang pemrograman
·     Peserta didik mendiskusikan tentang alur bercabang dan berulang pemrograman
·     Peserta didik menyampaikan pada kelompok lain dan menanggapinya berkaitan  alur bercabang dan berulang pemrograman
·     Guru meminta peserta didik untuk mencoba melakukan tentang alur bercabang dan berulang pemrograman sebagai pembuktian rumusan masalah/hipotesis
·     Peserta didik mencoba membuat tentang alur bercabang dan berulang pemrograman dengan diagram alir sebagai pembuktian rumusan masalah/hipotesis
·      
·      
Pembuktian
·     Guru menugaskan peserta didik untuk menilai hasil diagram alir untuk alur program bercabang dan berulang.
·     Peserta didik menilai hasil diagram alir untuk alur program bercabang dan berulang
·     Peserta didik menilai hasil diagram alir untuk alur program bercabang dan berulang menggunakan format penilaian
·      
·      
Menarik kesimpulan/
generalisasi
·     Guru menugaskan peserta didik untuk menyajikan
·     Peserta didik membuat bahan presentasi tentang alur bercabang dan berulang pemrograman  dalam bentuk PPT.
·     Peserta didik menyajikan tentang alur bercabang dan berulang pemrograman
·     Peserta didik lain dan guru memberikan tanggapan terhadap presentasi.
·     Peserta didik memperbaiki hasil presentasi dan membuat simpulan.
·      
·      

Penutup (10 menit)
·         membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
·         melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
·         melakukan penilaian;
·         merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·         menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

G.  PENILAIAN PEMBELAJARAN, REMEDIAL DAN PENGAYAAN
Teknik Penilaian
Bentuk  Penilaian
·         Penilaian Sikap : observasi
Lembar Jurnal
·         Penilaian Pengetahuan : tes tulis
Pilihan Ganda
·         Penilaian Keterampilan : tes kinerja
Lembar Kinerja (proses)

2.    Instrumen Penilaian
Sikap :
Pengetahuan :
·           Kisi-kisi

·           Soal
1.         Nama lain dari flowchart adalah ….
A.       Algoritma
B.        Alur
C.        Bagan alir
D.       Tree
E.        Diagram
2.         Tipe data yang mampu menampung banyak data dengan tipe data yang berbeda-beda adalah tipe data …
A.       Array
B.        String
C.        Record
D.       Subrange
E.        Character
3.         Urutan langkah-langkah logis untuk menyelessaikan masalah yang disusun secara sistematis disebut ….
A.       Algoritma
B.        Flowchart
C.        Variabel
D.       Tipe data
E.        Konstanta
4.         Simbol diagram alir (flow chart) yang digunakan untuk menjelaskan inputmaupun output adalah ...


















Text Box: D

Text Box: A









Text Box: B




Text Box: E






Text Box: C

 






5.  Pada pembuatan program komputer, algoritma dibuat :
A.        Sebelum pembuatan program
B.         Pada saat program dibuat
C.         Sesudah pembuatan program
D.        Pada saat verifikasi program
E.         Pada saat di jalankan

·           Kunci Jawaban
1.       C
2.       C
3.       B
4.       C
5.       A

·           Pedoman Penskoran


Text Box: Skor=(Jml Benar)/5 x100
 




·           Kisi-kisi

·           Instrumen
Petunjuk : Berilah tanda check (v) pakaikolom skor
No
Komponen/Sub Komponen
Skor
1
2
3
A
Persiapan




Hadir tepat waktu, berseragam lengkap dan rapi




Alat dipersiapan dengan lengkap dan rappi



B
Proses Kerja




Prosedur pembuatan Flowchart Pemrograman



C
Hasil




Membuat Flowchart Pemrograman



D
Sikap Kerja




Sikap kerja saat melakukan pembuatan flowchart



E
Waktu




Ketepatan waktu kerja



·         Rubrik Penilaian

No
Komponen/Sub Komponen
Indikator/Kriteria Unjuk Kerja
Skor
A
Persiapan



Hadir tepat waktu, berseragam lengkap dan rapi
·       Hadir tepat waktu, berseragam lengkap dan rapi
·       Hadir tepat waktu, berseragam lengkap
·       Hadir tepat waktu, berseragam tidak lengkap
3

2
1

Alat dipersiapan dengan lengkap dan rapi
·       Alat dipersiapan dengan lengkap dan rapi
·       Alat dipersiapan dengan lengkap
·       Alat dipersiapan dengan tidak lengkap
3
2
1
B
Proses Kerja



Prosedur pembuatan Flowchart Pemrograman
·       Menunjukkan Prosedur pembuatan Flowchart Pemrograman yg tepat
·       Menunjukkan Prosedur pembuatan Flowchart Pemrograman dg kurang tepat
·       Menunjukkan Prosedur pembuatan Flowchart Pemrograman tidak tepat
3

2

1
C
Hasil



Membuat Flowchart Pemrograman
·       Flowchart dibuat dengan tepat
·       Flowchart dibuat dengan kurang tepat
·       Flowchart dibuat dengan tidak tepat

3
2
1
D
Sikap Kerja



Sikap kerja saat melakukan pembuatan flowchart
·       Tertib dan rapi saat mempersiapkan, dan melaksanakan dan melaporkan
·       Tertib dan rapi saat mempersiapkan, dan melaksanakan
·       Tertib dan rapi saat mempersiapkan, melaksanakan, atau melaporkan
3

2

1


Waktu



Ketepatan waktu kerja
Kurang dari 10 menit
1-15 menit
Lebih dari 15 menit
3
2
1


H.  MEDIA, ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
1.    Media : LCD Proyektor
2.    Alat/Bahan :
·       Alat tulis : Kertas, mistar, pensil
·       Komputer
3.    Sumber Belajar :
·         Buku Pemrograman Dasar karangan Rinaldi Munir halaman 10-20


Mengetahui                                                                                         Padang, …..
Kepala SMK Indonesia                                                                        Guru Mapel


………………….                                                                                   ……………………..
NIP.                                                                                                     NIP.

Belum ada Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2019 revisi Model : discovery learning Pendekatan : student center"

Posting Komentar

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 mastimon

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel infeed