CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2019 revisi Model : discovery learning Pendekatan : student center
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK N 1 Indonesia
Kompetensi
Keahlian : Rekayasa Perangkat Lunak
Mata Pelajaran :
Pemrograman Dasar
Materi Pokok :
alur pemrograman komputer
Kelas/Semester :
X/1
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit (1 x pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai),
bertanggung-jawab, responsif,
dan proaktif melalui keteladanan,
pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan
serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang
pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup kerja Rekayasa
Perangkat Lunak pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan Internasional
4.
Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan
masalah sesuai dengan bidang kerja Rekayasa Perangkat Lunak. Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif,
dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Menerapkan
alur logika pemrograman komputer
|
3.1 Menjelaskan alur logika pemrograman kompute
3.2 Menggunakan alur logika pemrograman
komputer dalam memecahkan masalah
|
4.1 Membuat
alur logika pemrograman komputer
|
4.2.1
Mendemonstrasikan pembuatan alur logika pemrograman komputer
4.2.2 Menggambar
alur logika pemrograman komputer untuk
menyelesaikan suatu permasalahan
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui
diskusi dan informasi, peserta didik dapat menjelaskan alur logika pemrograman komputer dengan santun
2.
Melalui
diskusi dan informasi, peserta didik dapat Menggunakan
alur logika pemrograman komputer
dalam memecahkan masalah dengan bertanggung
jawab
3. Melalui
demonstrasi, peserta didik dapat mendemonstrasikan pembuatan alur logika
pemrograman komputer dengan teliti
4.
Melalui praktikum, peserta didik dapat menggambar
alur logika pemrograman komputer untuk menyelesaikan suatu permasalahan
D. MATERI
PEMBELAJARAN
Fakta
|
·
Logika,
pemrograman, Algoritma
·
Flowchart,
pseudocode
|
Konsep
|
·
Pengertian
·
Jenis-jenis
alur logika pemrograman komputer
·
Jenis
lambing flowchart
|
Prosedur
|
Cara penulisan alur logika pemrograman komputer
|
Metakognitif
|
-
|
E. METODE
·
Model
: discovery learning
·
Pendekatan : student center
·
Metode
: diskusi, informasi, demonstrasi, praktikum
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1. Pendahuluan (10 menit)
·
mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
dengan berdoa (religious), menanyakan keadaan siswa, presensi;
·
Apersepi, dengan menanyakan :
Salah
satu Konsep matematika dan fisika
·
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu membuat aplikasi pemrograman;
·
menyampaikan garis besar cakupan materi dan
kegiatan yang akan dilakukan;
·
menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang
akan digunakan.
Kegiatan Inti (70 menit)
Sintak
Model
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Muatan
|
Pemberian
stimulus terhadap peserta didik
|
· Guru meminta peserta didik untuk melihat
berbagai jenis symbol dalam diagram alir
· Guru menugaskan peserta didik membaca buku
untuk mengidentifikasi berbagai jenis symbol dalam diagram alir
· Peserta didik mengamati bahan tayang yang
disajikan oleh Guru.
· Peserta didik membaca buku berkaitan dengan
diagram alir untuk program alur program bercabang dan berulang
|
·
|
· PPK (cermat)
· Literasi
|
Identifikasi masalah
|
· Peserta didik
berdiskusi tentang diagram alir untuk alur program bercabang dan berulang
· Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri diagram
alir untuk program alur program bercabang dan berulang
· Peserta didik
menentukan diagram alir untuk program alur program bercabang dan berulang
· Guru menugaskan
peserta didik untuk mengidentifikasi masalah utama apa dalam membuat diagram
alir untuk alur program bercabang dan berulang
· Peserta didik
mengidentifikasi masalah – masalah melalui contoh yang didemonstrasika n oleh
guru mengenai diagram alir untuk alur program bercabang dan berulang
· Peserta didik
membaca buku untuk mendapatkan informasi tentang diagram alir untuk alur
program bercabang dan berulang
· Peserta didik
mendiskusikan diagram alir untuk alur program bercabang dan berulang
· Berdasarkan
hasil membaca buku dan diskusi peserta
didik merumuskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat
diagram alir untuk alur program bercabang dan berulang
|
·
|
·
|
Pengumpulan data
|
· Guru meminta
peserta didik untuk membuat
diagram alir alur bercabang dan berulang pemrograman
· Peserta didik
menggali informasi tentang alur bercabang dan berulang pemrograman
· Peserta didik
mendiskusikan tentang alur bercabang dan berulang pemrograman
· Peserta didik
menyampaikan pada kelompok lain dan menanggapinya berkaitan alur bercabang dan berulang pemrograman
· Guru meminta
peserta didik untuk mencoba melakukan tentang alur bercabang dan berulang
pemrograman
sebagai pembuktian rumusan masalah/hipotesis
· Peserta didik
mencoba membuat tentang alur bercabang dan berulang pemrograman dengan
diagram alir sebagai
pembuktian rumusan masalah/hipotesis
|
·
|
·
|
Pembuktian
|
· Guru menugaskan
peserta didik untuk menilai hasil diagram alir untuk alur program bercabang
dan berulang.
· Peserta didik
menilai hasil diagram alir untuk alur program bercabang dan berulang
· Peserta didik
menilai hasil diagram alir untuk alur program bercabang dan berulang
menggunakan format penilaian
|
·
|
·
|
Menarik
kesimpulan/
generalisasi
|
· Guru menugaskan
peserta didik untuk menyajikan
· Peserta didik
membuat bahan presentasi tentang alur bercabang dan berulang pemrograman dalam bentuk PPT.
· Peserta didik
menyajikan tentang alur bercabang dan berulang pemrograman
· Peserta didik
lain dan guru memberikan tanggapan terhadap presentasi.
· Peserta didik
memperbaiki hasil presentasi dan membuat simpulan.
|
·
|
·
|
Penutup (10 menit)
·
membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
·
melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan;
·
memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran
·
melakukan penilaian;
·
merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
·
menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya
G. PENILAIAN
PEMBELAJARAN, REMEDIAL DAN PENGAYAAN
Teknik
Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
·
Penilaian Sikap :
observasi
|
Lembar Jurnal
|
·
Penilaian
Pengetahuan : tes tulis
|
Pilihan Ganda
|
·
Penilaian Keterampilan
: tes kinerja
|
Lembar Kinerja (proses)
|
2. Instrumen
Penilaian
Sikap :
Pengetahuan :
·
Kisi-kisi
·
Soal
1.
Nama lain
dari flowchart adalah ….
A.
Algoritma
B.
Alur
C.
Bagan
alir
D.
Tree
E.
Diagram
2.
Tipe data yang mampu menampung
banyak data dengan tipe data yang berbeda-beda adalah tipe data …
A.
Array
B.
String
C.
Record
D.
Subrange
E.
Character
3.
Urutan langkah-langkah logis
untuk menyelessaikan masalah yang disusun secara sistematis disebut ….
A.
Algoritma
B.
Flowchart
C.
Variabel
D.
Tipe data
E.
Konstanta
4.
Simbol
diagram alir (flow chart) yang
digunakan untuk menjelaskan inputmaupun output adalah ...
5. Pada pembuatan program komputer, algoritma
dibuat :
A.
Sebelum pembuatan program
B.
Pada
saat program dibuat
C.
Sesudah
pembuatan program
D.
Pada
saat verifikasi program
E.
Pada
saat di jalankan
·
Kunci Jawaban
1. C
2. C
3. B
4. C
5. A
·
Pedoman
Penskoran
·
Kisi-kisi
·
Instrumen
Petunjuk
: Berilah tanda check (v) pakaikolom skor
No
|
Komponen/Sub Komponen
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
A
|
Persiapan
|
|
|
|
|
Hadir tepat waktu, berseragam lengkap dan rapi
|
|
|
|
|
Alat dipersiapan dengan lengkap dan rappi
|
|
|
|
B
|
Proses Kerja
|
|
|
|
|
Prosedur pembuatan Flowchart Pemrograman
|
|
|
|
C
|
Hasil
|
|
|
|
|
Membuat Flowchart Pemrograman
|
|
|
|
D
|
Sikap Kerja
|
|
|
|
|
Sikap kerja saat melakukan pembuatan flowchart
|
|
|
|
E
|
Waktu
|
|
|
|
|
Ketepatan waktu kerja
|
|
|
|
·
Rubrik Penilaian
No
|
Komponen/Sub Komponen
|
Indikator/Kriteria Unjuk Kerja
|
Skor
|
A
|
Persiapan
|
|
|
|
Hadir tepat waktu, berseragam lengkap dan rapi
|
·
Hadir tepat waktu, berseragam lengkap dan
rapi
·
Hadir tepat waktu, berseragam lengkap
·
Hadir tepat waktu, berseragam tidak lengkap
|
3
2
1
|
|
Alat dipersiapan dengan lengkap dan rapi
|
·
Alat dipersiapan dengan lengkap dan rapi
·
Alat dipersiapan dengan lengkap
·
Alat dipersiapan dengan tidak lengkap
|
3
2
1
|
B
|
Proses Kerja
|
|
|
|
Prosedur pembuatan Flowchart Pemrograman
|
·
Menunjukkan Prosedur pembuatan Flowchart
Pemrograman yg tepat
·
Menunjukkan Prosedur pembuatan Flowchart
Pemrograman dg kurang tepat
·
Menunjukkan Prosedur pembuatan Flowchart
Pemrograman tidak tepat
|
3
2
1
|
C
|
Hasil
|
|
|
|
Membuat Flowchart Pemrograman
|
·
Flowchart dibuat dengan tepat
·
Flowchart dibuat dengan kurang tepat
·
Flowchart dibuat dengan tidak tepat
|
3
2
1
|
D
|
Sikap Kerja
|
|
|
|
Sikap kerja saat melakukan pembuatan flowchart
|
·
Tertib dan rapi saat mempersiapkan, dan
melaksanakan dan melaporkan
·
Tertib dan rapi saat mempersiapkan, dan
melaksanakan
·
Tertib dan rapi saat mempersiapkan,
melaksanakan, atau melaporkan
|
3
2
1
|
|
Waktu
|
|
|
|
Ketepatan waktu kerja
|
Kurang dari 10 menit
1-15 menit
Lebih dari 15 menit
|
3
2
1
|
H. MEDIA, ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
1. Media : LCD Proyektor
2. Alat/Bahan :
·
Alat tulis : Kertas,
mistar, pensil
·
Komputer
3. Sumber Belajar :
·
Buku Pemrograman Dasar
karangan Rinaldi Munir halaman 10-20
Mengetahui
Padang, …..
Kepala
SMK Indonesia Guru Mapel
…………………. ……………………..
NIP. NIP.
Belum ada Komentar untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2019 revisi Model : discovery learning Pendekatan : student center"
Posting Komentar